KONSEP DASAR STATISTIKA (RUSDIAN SYAH HASIBUAN)
KONSEP DASAR STATISTIKA
1. Definisi / Pengertian Statistika Menurut Kalian.
Menurut Saya Statistika adalah ilmu yang mempelajari statistik, yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bagaimana caranya mengumpulkan data, mengolah data, menyajikan data, menganalisis data, dari data-data yang berupa bilangan-bilangan atau angka, yang kemudian membuat kesimpulan dari hasil analisis data dan mengambil keputusan berdasarkan hasil kesimpulan
2. Buatlah Sebuah Data, Kemudian Sajikan Dalam Bentuk Histogram, Pie Chart, Ogive Poligon dan Diagram.t
- Penyajian data bentuk Histogram
- Penyajian data bentuk Pie Chart
- Penyajian data bentuk Ogive
- Penyajian data bentuk Poligon
- Penyajian data bentuk Batang Daun
3. Jelaskan Perbedaan Jenis Data Berdasarkan Skala dan Berikan Contohnya Masing - Masing
Data kuantitatif adalah jenis data yang dapat diukur (measurable) atau dihitung secara langsung sebagai variabel angka atau bilangan. Variabel dalam ilmu statistika adalah atribut, karakteristik, atau pengukuran yang mendeskripsikan suatu kasus atau objek penelitian.
Contoh data kuantitatif:
- Data jumlah siswa tiap tahun suatu sekolah
- Data penjualan barang suatu toko tiap hari
- Data tinggi badan mahasiswa suatu kelas
- Data pengunjung suatu website
- Data pertumbuhan penduduk suatu daerah
- Data kunjungan wisata suatu provinsi
- Data kuesioner suatu penelitian
Data kualitatif adalah data dari penjelasan kata verbal tidak dapat dianalisis dalam bentuk bilangan atau angka. Dalam penelitian, data kualitatif berupa gambaran mengenai objek penelitian. Data kualitatif memberikan dan menunjukkan kualitas objek penelitian yang dilakukan.
Contoh data kualitatif:
- Deskripsi suatu suatu daerah yang diteliti
- Biografi narasumber yang dijadikan referensi penelitian
- Sejarah berdirinya suatu perusahaan yang diteliti
4. Cari juga Jelaskan dari Skala Pengukuran dan Berikan Contohnya Masing - Masing
Yaitu data yang dikelompokkan atau bersifat kategorikal. Kategori dalam hal ini digunakan untuk menunjukkan identitas, bukan tingkatan satu kelompok dengan kelompok lain. Perbedaan subjek dalam data nominal bersifat kualitatif, bukan kuantitatif. Contohnya:
- Data jenis kelamin pada sampel penelitian pendidikan, data siswa dikategorikan “laki-laki” yang diwakili simbol 1, dan data “perempuan” yang diwakili dengan simbol 2. Konsekuensi dari data ini adalah tidak mungkin seseorang memiliki dua kategori sekaligus dan angka yang digunakan hanya sebagai simbol sehingga tidak bisa dilakukan operasi matematika
- Pemberian nomer induk kepada siswa dapat mempermudah dalam proses administrasi.
- Pengelompokkan daerah tempat tinggal siswa di SD, siswa yang tinggalnya di desa pojok diwakili dengan simbol “A”, yang tinggal di desa benda diwakili “B”, yang tinggal di desa adisana diwakili “C”, dan yang tinggal di desa penggarutan diwakili simbol “D”.
- Pengelompokan kesukaan siswa SD dalam menonton acara di televisi, siswa yang menyukai “kartun” diberi simbol 1, menyukai berita simbol 2, menykai “komedi” simbol 3, dan menyukai “sinetron” simbol 4
- Dalam salah pesantren antara santriwan dan santriwati asramanya dipisahkan dengan diberisimbol untuk santriwan A2 sedangkan untuk santriwati adalah B2.
- Dalam pengujian instrumen matematika di SD, 25% siswa memperoleh predikat sangat baik, 45% baik, 20% cukup, 10% sedang.
- Skala sikap: Sangat rajin, rajin, cukup rajin, kurang rajin, tidak rajin. Dari penilaian sikap 10 siswa SD, 2 anak sangat rajin, 4 anak rajin, 2 anak cukup rajin, 1 anak kurang rajin, 1 anak tidak rajin.
- Skala kegiatan: Selalu, Sering, kadang-kadang, tidak pernah. Dari 5 anak yang diamati guru, 2 anak selalu ibadah, 1 anak sering, 2 anak kadang-kadang.
- Skala layanan: Sangat puas, tidak puas. Dalam survey minat pengunjung alfamart, 90% pengunjung menyatakan sangat puas dan 10% tidak puas.
- Sekala Kesukaan: Sangat suka, kurang suka, tidak suka. Data survey menunjukan bahwa dari seluruh murid SD Dukuhturi 02 40% siswanya sangat suka terhadap kartun, 35% kurang suka, dan 24% tidak suka dengan kartun.
C. Data interval,
Nilai | Skor | Interval |
A | 4 | 85-98 |
B | 3 | 71-84 |
C | 2 | 57-70 |
D | 1 | 43-56 |
E | 0 | 29-42 |
- Interval nilai pelajaran matematika siswa SMA 4 Surabaya adalah antara 0 sampai 100. Bila siswa A dan B masing-masing mempunyai nilai 45 dan 90, bukan berarti tingkat kecerdasan B dua kali A. Nilai 0 sampai 100 hanya merupakan rentang yang dibuat berdasarkan kategori pelajaran matematika dan mungkin berbeda dengan mata pelajaran lain.
- Dasar Pemrograman memiliki 1 SKS, waktunya adalah 50menit, begitupun dengan Teknik Digital yang memiliki 2 sks berarti waktunya 100 menit, dan yangterakhir yaitu kalkulus memiliki 3 SKS waktunya adalah 150 menit sehingga dapat disimpulkan bahwa selisih data diatas adalah 50 menit.
- Kecepatan masing – masing orang dalam berkendara di jalan raya, Maharani jika berkendaraan dengan kecepatan 20 – 40 km/jam masuk keukuran pelan, untuk Ichsan dalam berkendaraan memiliki kecepatan 50 – 60 km/jam maka masuk ke dalam ukuran sedang dan yang terakhir Valentina Rosi dalam berkendaraannya selalu berkecepatan 70 – 80 km/jam maka masuk ke ukuran cepat.
- Rata – rata tinggi badan berdasarkan usia, untuk anak – anak yang berusia 6 – 12 memiliki rata – rata tinggi badan 130 – 145 cm, untuk remaja yang berusia 13 – 18 memilikirata – rata tinggi badan 146 – 160 cm, dan untuk dewasa yang berusia 19 – 26 cm memiliki rata – rata tinggi badan 161 – 199 cm.
- Pengiriman barang ke berbagai tempat, seperti contoh diatas Sintamengirimkan barang dari Bandung ke Jakarta dengan harga Rp. 10.000,- /kg, dan Santi mengirimkan dari bandung ke Yogyakarta dengan harga Rp. 20.000,- /kg sedangkan Santamengirimkan barang dari Bandung ke Surabaya dengan harga Rp. 30.000,- /kg.
D. Data rasio,
- A dan B adalah dua orang mahasiswa universitas X yang nilainya masing-masing 60 dan 90. Maka, ukuran rasio dapat dinyatakan bahwa nilai mahasiswa B adalah 1,5 kali nilai mahasiswa A.
- Seseorang memiliki berat badan 80 Kg. Maka, ukuran rasionya dapat dinyatakan bahwa berat orang tersebut dua kali orang dengan berat 40 Kg. Tetapi, pernyataan semacam ini tidak dapat dibuat dengan data interval. Kita tidak dapat mengatakan bahwa tingkat kecerdasan orang yang memiliki IQ 150 adalah satu setengah kali kecerdasan orang yang memiliki IQ 100.
- Berat bayi dimana bayi A beratnya adalah 3, B adalah 2, dan C adalah 1, jika dilihat menggunakan skala rasio berat badan bayi A tiga kalilipat dari berat badan bayi C, berat badan bayi B dua kalilipat dari C.
- Tinggi badan dari masing – masing data yang dikumpulkan, jika dilihat dari skala rasio Ichsan lebih tinggi 10 cm dari pada Muiz, dan Muiz lebih tinggi 10 cm dari pada Chaby, dan chaby paling pendek diantara Ichsan dengan Muiz.
- Pekerjaan dan penghasilan bulanan, dimana gajihnya bermacam – macam, jika dilihat berdasarkan skala rasio gajih Ichsan lebih besar dari pada gajihKosim sebagai karyawan, dan gajih Udin lebih lebih kecil dari pada gajih Kosim.
Comments
Post a Comment